Adik-adik Staners pasti sudah tidak
sabar menunggu informasi Pendaftaran dan Persyaratan SPMB PKN STAN 2020. Bagi
adik-adik yang ingin berjuang dengan sungguh-sungguh, lebih baik simak dulu
artikel dari masterprima.com berdasarkan informasi dan pendaftaran SPMB PKN STAN
2019-2020.
Ada 8 kementerian/Lembaga yang membuka
penerimaan mahasiswa/praja tahun 2019 yaitu :
1. Kementerian Keuangan (PKN STAN) sebanyak 3.000
formasi
2. Kementerian Dalam Negeri (IPDN) sebanyak 1.700
formasi
3. Badan Siber dan Sandi Negara (STSN) sebanya 100 formasi
4. Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan
Poltekim) sebanyak 600 formasi
5. Badan Intelijen Negara (STIN) sebanyak 250 formasi
6. Badan Pusat Statistik (Polteknik Statistika
STIS) sebanyak 600 formasi
7. Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika
STMKG) sebanyak 250 formasi
8. Kementerian Perhubungan dengan 11 Sekolah
Tinggi, Oliteknik, dan Akademi yang membuka sebanyak 1.676 formasi.
SYARAT-SYARAT
PENDAFTARAN PKN STAN
1. Lulusan 2 tahun sebelumnya atau calon lulusan
tahun ini semua sekolah menengah atas
atau yang sederajat.
2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan)
bagi pendaftar :
a.
lulusan 2 tahun
terakhir, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidakkurang dari 70,00
dengan skala 100,00; atau
b.
calon lulusan
tahun ini, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5
semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas
XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan
ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus
dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan
skala 100,00.
3. Usia maksimal pada tanggal 1 September (saat tahun pendaftaran penerimaan mahasiswa
baru) adalah 20 tahun (lebih dari 20 tahun tidak diperkenankan untuk
mendaftar). Usia minimal pada tanggal 1 September (saat
tahun pendaftaran penerimaan mahasiswa baru) adalah 17 tahun bagi peserta
yang memilih Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih
Spesialisasi Diploma III.
4. Sehat jasmani dan kejiwaan dan bebas dari
napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria sehat jasmani
dan kejiwaan adalah
a. mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan
baik;
b. mampu melakukan tugas seperti menganalisis,
mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi;
c. mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu;
dan
d. tidak memiliki masalah kejiwaan yang
dinyatakan dengan memenuhi persyaratan lulus pada Psikotes Seleksi Penerimaan
Mahasiswa Baru PKN STAN.
5. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah
selama mengikuti pendidikan.
6. Khusus Spesialisasi Diploma I dan Diploma III
Kepabeanan dan Cukai ditambahkan syarat sebagai berikut;
a. jenis kelamin dan tinggi badan:
1) Spesialisasi Diploma I
- Laki-laki
tinggi badan minimal 165 cm;
- Perempuan
tinggi badan minimal 155 cm;
2) Spesialisasi Diploma III
- Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi
badan minimal 165 cm;
b. tidak cacat badan;
c. tidak buta warna; dan
d. untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus
(rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan
toleransi maksimal ukuran 2 dioptri.
7. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat
sebagai berikut:
a. telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP
atau yang sederajat, dan SMA/SLTA atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua
Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur; dan
b.
memiliki garis
keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat,
Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
8. Menyetor biaya pendaftaran sebesar
Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya
pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63
Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak
yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.
9. Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus pada
pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN atau Sekolah
Tinggi Akuntansi Negara pada tahun-tahun sebelumnya.
TATA CARA
PENDAFTARAN PKN STAN
1. Tahapan pendaftaran
a. Registrasi peserta melalui portal http://sscasn.bkn.go.id pada tanggal
(sesuai pengumuman resmi setiap tahun) terdiri dari tahapan sebagai berikut:
1) memilih menu Sistem Seleksi Galon Pegawai
Negeri Sipil Melalui Pendidikan Kedinasan;
2) mendaftarkan diri dengan menggunakan Nomor
Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) untuk mendapatkan akun
dan password yang akan digunakan untuk login',
3) login menggunakan NIK dan password yang telah
didaftarkan;
4) memilih sekolah kedinasan PKN STAN, melengkapi
biodata, dan mengunggah dokumen yang diperlukan. Khusus untuk calon peserta
program afirmasi mengunggah tambahan dokumen sebagaimana dimaksud pada angka 2;
5) mengecek resume dan mencetak bukti
pendaftaran;
6) logout dari portal http://sscasn.bkn.go.id untuk melanjutkan proses berikutnya melalui
portal http://spmb.pknstan.ac.id.
Peserta
hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga dan
apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada
Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.
Bimbel PKN STAN Malang |
b. Pengisian formulir pendaftaran online
{e-registration) melalui portal http://spmb.pknstan.ac.id
pada tanggal (sesuai pengumuman resmi setiap tahun) yang terdiri dari
tahapan sebagai berikut:
1) login dengan menggunakan akun dan password
yang didaftarkan pada portal http://sscasn.bkn.go.id;
2) mengisi data pilihan Spesialisasi;
3) mengisi data tambahan pada formulir
pendaftaran online;
4) mengunci data dan mendapatkan kode billing
berupa Mandiri Virtual Account (MVA); dan
5) menyetor biaya pendaftaran sesuai dengan
ketentuan.
c. Setelah melakukan pembayaran, peserta
mengunduh dan mencetak Kartu Ujian pada portal http://sscasn.bkn.go.id. Kartu
Ujian dapat diunduh dan dicetak satu hah setelah calon peserta menyetor biaya
pendaftaran.
2.
Calon peserta
Program Afirmasi mengunggah tambahan dokumen pada portal http://sscasn.bkn.go.id
sebagai berikut:
a. Ijazah SD dan Ijazah SMP; dan
b. Akta Kelahiran peserta, KTP ayah atau ibu
kandung, dan Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari
Kelurahan/Kepala Desa.
3.
Calon peserta
melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:
a. periode pembayaran (sesuai pengumuman resmi
setiap tahun);
b. pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri,
dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking dengan
menggunakan MVA (perhatikan tata cara pembayaran pada situs
http://spmb.pknstan.ac.id);
c. sebelum melakukan pembayaran. calon peserta
harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana
tercantum dalam huruf B tentang Syarat-syarat Pendaftaran. Kesalahan yang
terjadi pada saat melakukan penyetoran biaya pendaftaran di bank adalah
tanggung jawab masing-masing peserta dan uang yang telah disetor tidak dapat
diminta kembali dengan alasan apapun.
4. Panduan pendaftaran secara lengkap dapat
dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.pknstan.ac.id
KANTOR PUSAT MASTERPRIMA
Jl. Simpang Wilis Indah 19A Malang
0341-578182, 555535
Tidak ada komentar:
Posting Komentar