Sabtu, 04 April 2020

Pendaftaran dan Persyaratan SPMB PKN STAN 2020

Pendaftaran dan Persyaratan SPMB PKN STAN 2020

Adik-adik Staners pasti sudah tidak sabar menunggu informasi Pendaftaran dan Persyaratan SPMB PKN STAN 2020. Bagi adik-adik yang ingin berjuang dengan sungguh-sungguh, lebih baik simak dulu artikel dari masterprima.com berdasarkan informasi dan pendaftaran SPMB PKN STAN 2019-2020.

Buku Prediksi Soal-Soal PKN STAN Masterprima

Ada 8 kementerian/Lembaga yang membuka penerimaan mahasiswa/praja tahun 2019 yaitu :
1.     Kementerian Keuangan (PKN STAN) sebanyak 3.000 formasi
2.     Kementerian Dalam Negeri (IPDN) sebanyak 1.700 formasi
3.     Badan Siber dan Sandi Negara (STSN)  sebanya 100 formasi
4.     Kementerian Hukum dan HAM (Poltekip dan Poltekim) sebanyak 600 formasi
5.     Badan Intelijen Negara (STIN)  sebanyak 250 formasi
6.     Badan Pusat Statistik (Polteknik Statistika STIS) sebanyak 600 formasi
7.     Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika STMKG) sebanyak 250 formasi
8.     Kementerian Perhubungan dengan 11 Sekolah Tinggi, Oliteknik, dan Akademi yang membuka sebanyak 1.676 formasi.



SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN PKN STAN
1.     Lulusan 2 tahun sebelumnya atau calon lulusan tahun ini  semua sekolah menengah atas atau yang sederajat.
2.     Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi pendaftar :
a.        lulusan 2 tahun terakhir, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidakkurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
b.       calon lulusan tahun ini, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
3.     Usia maksimal pada tanggal 1 September (saat tahun pendaftaran penerimaan mahasiswa baru) adalah 20 tahun (lebih dari 20 tahun tidak diperkenankan untuk mendaftar). Usia minimal pada tanggal 1 September  (saat tahun pendaftaran penerimaan mahasiswa baru) adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I dan 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.
4.     Sehat jasmani dan kejiwaan dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya). Kriteria sehat jasmani dan kejiwaan adalah
a.     mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
b.     mampu melakukan tugas seperti menganalisis, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi;
c.      mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu; dan
d.     tidak memiliki masalah kejiwaan yang dinyatakan dengan memenuhi persyaratan lulus pada Psikotes Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN.
5.     Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.
6.     Khusus Spesialisasi Diploma I dan Diploma III Kepabeanan dan Cukai ditambahkan syarat sebagai berikut;
a.     jenis kelamin dan tinggi badan:
1)     Spesialisasi Diploma I
- Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm;
- Perempuan tinggi badan minimal 155 cm;
2)     Spesialisasi Diploma III
- Berjenis kelamin laki-laki dengan tinggi badan minimal 165 cm;
b.     tidak cacat badan;
c.      tidak buta warna; dan
d.     untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal ukuran 2 dioptri.
7.     Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:
a.     telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/SLTP atau yang sederajat, dan SMA/SLTA atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur; dan
b.     memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.
8.     Menyetor biaya pendaftaran sebesar Rp300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah). Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kemampuan Dasar berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.
9.     Pendaftar tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada tahun-tahun sebelumnya.

Buku Panduan Sekolah Kedinasan


TATA CARA PENDAFTARAN PKN STAN
1.     Tahapan pendaftaran
a.     Registrasi peserta melalui portal http://sscasn.bkn.go.id pada tanggal (sesuai pengumuman resmi setiap tahun) terdiri dari tahapan sebagai berikut:
1)     memilih menu Sistem Seleksi Galon Pegawai Negeri Sipil Melalui Pendidikan Kedinasan;
2)     mendaftarkan diri dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) untuk mendapatkan akun dan password yang akan digunakan untuk login',
3)     login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;
4)     memilih sekolah kedinasan PKN STAN, melengkapi biodata, dan mengunggah dokumen yang diperlukan. Khusus untuk calon peserta program afirmasi mengunggah tambahan dokumen sebagaimana dimaksud pada angka 2;
5)     mengecek resume dan mencetak bukti pendaftaran;
6)     logout dari portal http://sscasn.bkn.go.id untuk melanjutkan proses berikutnya melalui portal http://spmb.pknstan.ac.id.

Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.

Bimbel PKN STAN Malang

b.     Pengisian formulir pendaftaran online {e-registration) melalui portal http://spmb.pknstan.ac.id pada tanggal (sesuai pengumuman resmi setiap tahun) yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:
1)     login dengan menggunakan akun dan password yang didaftarkan pada portal http://sscasn.bkn.go.id;
2)     mengisi data pilihan Spesialisasi;
3)     mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online;
4)     mengunci data dan mendapatkan kode billing berupa Mandiri Virtual Account (MVA); dan
5)     menyetor biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan.
c.      Setelah melakukan pembayaran, peserta mengunduh dan mencetak Kartu Ujian pada portal http://sscasn.bkn.go.id. Kartu Ujian dapat diunduh dan dicetak satu hah setelah calon peserta menyetor biaya pendaftaran.
2.     Calon peserta Program Afirmasi mengunggah tambahan dokumen pada portal http://sscasn.bkn.go.id sebagai berikut:
a.     Ijazah SD dan Ijazah SMP; dan
b.     Akta Kelahiran peserta, KTP ayah atau ibu kandung, dan Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Kepala Desa.
3.     Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:
a.     periode pembayaran (sesuai pengumuman resmi setiap tahun);
b.     pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking dengan menggunakan MVA (perhatikan tata cara pembayaran pada situs http://spmb.pknstan.ac.id);
c.      sebelum melakukan pembayaran. calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam huruf B tentang Syarat-syarat Pendaftaran. Kesalahan yang terjadi pada saat melakukan penyetoran biaya pendaftaran di bank adalah tanggung jawab masing-masing peserta dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun.

Soal-Soal Wajib yang Harus Dipelajari Yang Ingin Masuk Kedinasan
4.     Panduan pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada situs http://www.kemenkeu.go.id, http://www.bppk.kemenkeu.go.id, dan http://www.pknstan.ac.id


KANTOR PUSAT MASTERPRIMA
Jl. Simpang Wilis Indah 19A Malang
0341-578182, 555535

Tidak ada komentar:

Posting Komentar